Friday 18 April 2014

Bentuk Ruang Bakar Motor Diesel

Ruang bakar pada motor diesel lebih rumit dibanding ruang bakar motor bensin. Bentuk ruang bakar pada motor diesel sangat menentukan kemampuan mesin, sebab ruang bakar tersebut direncanakan dengan tujuan agar campuran bahan udara dan bahan bakar menjadi homogen dan mudah terbakar sekaligus.
Ruang bakar motor diesel digolongkan menjadi 2 tipe, yaitu:
a) Tipe ruang bakar langsung (direct combustion chamber)
b) Tipe ruang bakar tambahan (auxiliary combustion chamber)
Tipe ruang bakar tambahan terdapat dalm 3 macam, yaitu:
1). Ruang bakar kamar muka (precombustion chamber)
2). Ruang bakar pusar (swirl chamber)
3). Ruang bakar air cell (Air cell combustion chamber)

a) Tipe ruang bakar langsung (direct combustion chamber)

Injection Nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar utama (main combustion chamber) yang terdapat di antara cylinder head dan piston (torak). Ruang yang ada pada bagian atas piston (torak) merupakan salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam pembakaran.
Gambar 1. Ruang bakar langsung
Keuntungan ruang bakar langsung adalah:
a. efisiensi panas lebih tingi, pemakaian bahan bakar lebih hemat karena bentuk ruang bakar yang sederhana,
b. start dapat mudah dilakukan pada waktu mesin dingin tanpa menggunakan alat bantu start busi pijar (glow plug),
c. cocok untuk mesinmesin besar karena konstruksi kepala silinder sederhana.
Kerugian ruang bakar langsung adalah:
a. memerlukan kualitas bahan bakar yang baik,
b. memerlukan tekanan injeksi yang lebih tinggi,
c. sering terjadi gangguan nozzle, umur nozzle lebih pendek karena menggunakan nozzle lubang banyak (multiple hole nozzle),
d. dibandingkan dengan jenis ruang bakar tambahan, turbulensi lebih lemah, jadi sukar untuk kecepatan tinggi.

b) Ruang bakar tambahan.
1) Ruang bakar muka.
Dalam ruang bakar ini bahan bakar solar disemprotkan ke dalam ruang bakar muka oleh nozzle injeksi. Sebagian bahan bakr yang tidak terbakar di ruang bakar muka
didorong melalui saluran kecil antara ruang bakar muka dan ruang bakar utama. Percampuran yang baik dan terbakar seluruhnya berada pada ruang bakar utama.
Gambar 2. Ruang bakar kamar muka
Keuntungan ruang bakar muka adalah:
a. jenis bahan bakar yang digunakan lebih luas, karena turbulensinya sangat baik untuk pengabutan,
b. perawatan pompa injeksi lebih mudah karena tekanan injeksi lebih rendah dan tidak terlalu peka terhadap perubahan saat injeksi, dan
c. detonasi berkurang serta mesin bekerja lebih baik karena menggunakan nozzle lubang banyak.
Kerugian ruang bakar muka adalah:
a. biaya pembuatan lebih mahal sebab perencanaan kepala silinder lebih rumit,
b. memerlukan motor starter yang besar dan kemampuan start lebih jelek sehingga harus menggunakan alat pemanas,
c. pemakaian bahan bakar boros.
2) Ruang bakar pusar.
Ruang bakar model pusar ini berbentuk bundar. Ketika torak memampatkan udara, sebagian udara akan masuk ke dalam ruang bakar pusar dan membuat aliran turbulensi. Bahan bakar diinjeksikan ke dalam udara turbulensi dan terbakar di dalam ruang bakar pusar, tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar masuk ke ruang bakar utama melalui saluran tersebut. Selanjutnya capuran tersebut akan terbakar di tuang bakar utama.
Gambar 3. Ruang bakar pusar
Keuntungan ruang bakar pusar adalah:
a. dapat menghasilkan putaran tinggi, karena turbulensi yang sangat baik pada saat kompresi,
b. Gangguan pada nozzle berkurang karena menggunakan nozzle tipe pin,
c. putaran mesin lebih tinggi dan operasinya lebih lembut, menyebabkan jenis ini cocok untuk mobil.
Kerugian ruang bakar pusar adalah:
a. konstruksi kepala silinder rumit,
b. efisiensi panas dan pemakaian bahan bakar lebih boros dibandingkan dengan tipe ruang bakar langsung,
c. penggunaan alat pemanas tidak begitu efektif, sebab ruang bakar sangat luas,
d. detonasi lebih besar pada kecepatan rendah.
3) Ruang bakar Air Cell
Pada ruang bakar air cell ini bahan bakar disemprotkan langsung ke dalam air cell dan terbakar langsung di ruang bakar utama. Sebagian bahan bakar yang yang disemprotkan ke air cell dan terbakar, mengakibatkan tekanan dalam air cell bertambah. Bila torak bergerak ke TMB, udara dalam air cell keluar ke ruang bakar utama membantu menyempurnakan pembakaran. Pada ruangbakar ini tidak memerlukan pemanas.
Gambar 4. Ruang bakar Air Cell
Keuntungan ruang bakar air cell adalah:
a. mesin bekerja lebih lembut karena pembakaran terjadi secara berangsur-angsur,
b. tidak memerlukan pemanas,
c. gangguan nozzle berkurang karena menggunakan nozzle tipe pin.
Kerugian ruang bakar air cell adalah:
a. saat injeksi bahan bakar sangat mempengaruhi kemampuan mesin,
b. suhu gas buang sangat tinggi karena pembakaran lanjut sangat panjang,
c. bahan bakar boros.

semoga bermanfaat

referensi : 
Tim FT UNY.2004.  Modul Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Diesel. Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment