Monday 23 December 2013

Macam-Macam Sistem Pemindah Tenaga

Assalamualaykum wr.wb

Mobil adalah suatu alat tranportasi yg sudah tidak asing bagi kita, tapi bagaimana sebenarnya mobil dapat bergerak? dan apasaja tipe penggeraknya? langsung aja kita bahas.

Kendaraan dapat berjalan/ bergerak karena ada system yang memindahkan tenaga/ momen/ putaran dari mesin ke roda-roda. Axle shaft atau poros penggerak roda merupakan poros pemutar roda yang dihubungkan dengan gardan (differensial). Kendaraan ditinjau dari sistem pemindah tenaganya dikelompokkan menjadi beberapa tipe yaitu :

1. Front Engine Rear Drive (FR)   

Kendaraan dengan mesin di depan dan menggerakkan roda belakang dinamakan tipe Front Engine Rear Drive (FR). Komponen-komponen system pemindah tenaga meliputi : kopling (clutch), transmisi (transmission), drive shaft/ propeller shaft, differential, rear axle dan roda (wheel).Gambar 1. Kendaraan mesin depan penggerak roda belakang (FR)




2. Front Engine Front Drive (FF)     
Kendaraan dengan mesin di depan dan menggerakkan roda depan dinamakan tipe Front Engine Front Drive (FF). Komponen-komponen sistem pemindah tenaga meliputi : kopling (clutch), transmisi (transmission), differential, front axle dan roda (wheel).Gambar 2. Kendaraan mesin depan penggerak roda depan (FF)





3. Rear Engine Rear Drive (RR)       
Kendaraan dengan mesin di belakang dan menggerakkan roda belakang dinamakan tipe Rear Engine Rear Drive (RR). Pemindah tenaga kendaraan tipe ini sama dengan tipe Front Engine Front Drive (FF). Komponen-komponen sistem pemindah tenaga meliputi: kopling (clutch), transmisi (transmissions),differential, rear axle dan roda (wheel)





4. Four Wheel Drive (FWD)       
Kendaraan dengan mesin menggerakkan roda depan dan roda belakang dinamakan tipe Four Wheel Drive atau All Wheel Drive (FWD atau 4WD atau AWD). Komponen -komponen sistem pemindah tenaga meliputi : kopling(clutch), transmisi (transmission), transfer, dan terbagi menjadi dua. Pertama ke front drive shaft (front propeller shaft), front differential, front axle dan roda depan (front wheel), sedangkan yang kedua ke rear drive shaft,rear differential, rear axle dan roda belakang (rear wheel)Gambar 3. Kendaraan mesin depan penggerak roda depan dan belakang (4WD)




semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment