assalamualaykum wr.wr
apa kabar sobat , semoga baik" saja dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. langsung saja , kali ini saya akan coba memposkan hasil tugas sya beberapa waktu lalu yaitu mengena karburator pada sepeda motor
Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor
Secara
umum sistem bahan bakar pada sepeda motor berfungsi untuk menyediakan bahan
bakar, melakukan proses pencampuran bahan bakar dan udara dengan perbandingan
yang tepat, kemudian menyalurkan campuran tersebut ke dalam silinder dalam
jumlah volume yang tepat sesuai kebutuhan putaran mesin. Cara untuk melakukan
penyaluran bahan bakarnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sistem penyaluran
bahan bakar dengan sendirinya (karena berat gravitasi) dan sistem penyaluran
bahan bakar dengan tekanan.
Sistem
penyaluran bahan bakar dengan sendiri diterapkan pada sepeda motor yang masih
menggunakan karburator (sistem bahan bakar konvensional). Pada sistem ini tidak
diperlukan pompa bahan bakar dan penempatan tangki bahan bakar biasanya lebih
tinggi dari karburator. Sedangkan sistem penyaluran bahan bakar dengan tekanan
terdapat pada sepeda motor yang menggunakan sistem bahan bakar injeksi atau EFI
(electronic fuel injection). Dalam sistem ini, peran karburator yang terdapat
pada sistem bahan bakar konvensional diganti oleh injektor yang proses kerjanya
dikontrol oleh unit pengontrol elektronik atau dikenal ECU (electronic control
unit) atau kadangkala ECM (electronic/engine control module).
Sistem
bahan bakar sepeda motor pada umumnya terdiri dari beberapa komponen antara
lain yaitu : Tangki bensin , Saringan bensin, selang bensin dan karburator.
Pada tangki bensin dilengkapi dengan pengukur tinggi bensin, untuk tipe ini
pada karburator dilengkapi kran bensin . Apabila keran bensin dibuka maka
secara alamiah bensin akan mengalir menuju ke karburator. Agar bensin yang
masuk ke karburator bersih dari kotoran terlebih dahulu disaring oleh saringan
bensin. Komponen-komponen sistem bahan bakar dapat dilihat seperti gambar
dibawah ini.
Gambar
1 Komponen Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor
komponen Karburator sepeda motor
karburator adalah sebuah alat terdiri
dari beberapa komponen yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara
sesuai kebutuhan sebelum masuk ke ruang pembakaran. berikut komponen dan
fungsi karburator
gambar
2 karburator sepeda motor
1. Mangkok karburator(float chamber) Berfungsi sebagai penyimpan bahan bakar sementara
sebelum digunakan. 2. Klep/jarum pelampung(floater valve) Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
3. Pelampung(floater) Berfungsi mengatur bahan bakar agar tetap pada mangkuk karburator.
4. Skep/katup gas(throtle valve) Berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
5. Pemancar jarum(main nozzle/needle jet) Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
6. Jarum skep/jarum gas(Needle jet) Berfungsi mengaturbesarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.
7. Pemancar besar(main jet) Berfungsi memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh(tinggi)
8. Pemancar kecil/stationer(slow jet) Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer.
9. Sekrup gas/baut gas(trhottle screw) Berfungsi menyetel posisi skep sebelum di gas.
10.Sekrup udara/baut udara(air screw) Berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar,
11. Katup cuk(choke valve) Berfungsi menutup udala luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.
Prinsip kerja
karburator
Karburator
memproses bahan bakar cair menjadi partikel kecil dan dicampur dengan udara
sehingga memudahkan penguapan. Prosesnya serupa dengan penyemburan ( spray).
Pada gambar dibawah ini diterangkan prinsip dari penyemburan. Sebagai akibat
dari derasnya tiupan angin di (a), suatu kondisi vacum (tekanan dibawah
atmosfir) terjadi di (b).
Perbedaan tekanan antara vacum
dan atmosfir udara di (c) mengakibatkan semburan terjadi pada gasoline (b).
Berdasarkan proses ini, maka semakin cepat aliran udara (a) mengakibatkan
semakin besar vacum yang terjadi pada (b), dan semakin banyak gasoline yang
disemprotkan / disemburkan
Gambar
3 ,Prinsip Kerja Karburator
Aturan Kerja Karburator.
Bahan bakar dan udara dibutuhkan
motor bensin untuk berjalan. Bahan bakar berupa bensin dicampur dengan udara
oleh karburator supaya mudah terbakar dan di alirkan keruang bakar. Dengan kata
lain, karburator bekerja sesuai aturan sebagai Berikut :
- Volume campuran udara dan bahan bakar sesuai kebutuhan mesin.
- Menciptakan campuran udara dan bahan bakar sedemikian rupa tepat sesuai kecepatan mesin.
- Merubah bensin menjadi partikel-partikel bercampur dengan udara sehingga mudah disemburkan atau dikabutkan.
semoga bermanfaat.!!!!!
No comments:
Post a Comment