Katup thermostat berfungsi untuk menahan air pendingin bersirkulasi pada saat suhu mesin yang rendah dan membuka saluran dari mesin ke radiator pada saat suhu mesin mencapai suhu idealnya. dengan kata lain pada saat dingin termostat masih menutup sehingga air akan tetap bersirkulasi didalam mesin, sedangkan saat panas katuptermostat akan terbuka dan air akan mengalir ke radiator. Katup termostat biasanya dipasang pada saluran air keluar dari mesin ke radiator yang dimaksudkan agar lebih mudah untuk menutup saluran bila mesin dalan keadaan dingin dan mebuka saluran bila mesin sudah panas.
Ada 2 tipe thermostat, yaitu tipe bellow dan tipe wax. Kebanyakan thermostat yang digunakan adalah tipe wax. Di samping itu termostat tipe wax ada yang menggunakan katup by pass dan tidak menggunakan katup by pass.
Ada 2 tipe thermostat, yaitu tipe bellow dan tipe wax. Kebanyakan thermostat yang digunakan adalah tipe wax. Di samping itu termostat tipe wax ada yang menggunakan katup by pass dan tidak menggunakan katup by pass.
Gambar 1. Termostat tipe wax
Cara kerja katup thermostat adalah sebagai berikut: Pada saat suhu air pendingin rendah katup tertutup atau saluran dari mesin ke radiator terhalang oleh wax (lilin) yang belum memuai. Bila suhu air pendingin naik sekitar 80 sampai dengan 90 derajat Celcius maka lilin akan memuai dan menekan karet. Karet akan berubah bentuk dan menekan poros katup. Oleh karena posisi poros tidak berubah maka maka karet yang sudah berubah tersebut akan membawa katup untuk membuka.
Untuk menghindari terjadinya tekanan air yang tinggi pada saat katup termostat tertutup, pada saluran di bawah katup dibuatkan saluran ke pompa air yang dikenal dengan saluran pintas (by pass).
Cara kerja katup by pass pada
thermostat dapat dilihat pada sistem pendingin mesin pada saat dingin dan panas
(Gambar 4 dan gambar 5)
Gambar 4. Thermostat dengan katup by pass pada saat dingin
Gambar 5. Thermostat dengan katup by pass pada saat panas
Letak thermostat ada dua macam yaitu
: tehermostat yang letaknya di saluran air masuk (water inlet) dan thermostat
yang letaknya di saluran air keluar (water outlet).
(1) Thermostat yang letaknya di
saluran air keluar. Apabila temperatur air masih rendah, maka thermostat
menutup aliran air pendingin ke radiator. Air pendingin dipompa oleh pompa air
langsung ke blok mesin dan kepala silinder. Selanjutnya melalui sirkuit by pass
kembali ke pompa air.
Pada saat temperatur air pendingin
telah panas, maka thermostat membuka sehingga cairan pendingin mengalir melalui
thermostat ke radiator untuk didinginkan dan selanjutnya air kembali ke pompa
air. Disamping itu air juga mengalir melalui sirkuit by pass.
(2) Thermostat yang letaknya di
saluran air masuk Apabila temperatur air masih rendah, thermostat menutup
saluran dan by pass valve membuka. Air pendingin dipompa ke blok silinder
melalui kepala silinder, selanjutnya kembali ke pompa air melalui sirkuit by pass
Pada saat temperatur air pendingin
menjadi tinggi, maka thermostat membuka saluran air dan by pass valve menutup.
Air yang telah panas mengalir ke radiator untuk didinginkan, selanjutnya
melalui thermostat dan kembali ke pompa air.
Modul perbaikan sistem pendingin dan komponen-komponennya
Modul pemeliharaan/ Servis Sistem Pendingin Dan Komponen-Komponennya.
No comments:
Post a Comment