1. Fungsi sistem starter
Fungsi dari sistem starter pada kendaraan adalah untuk memberikan garekan awal pada mesin atau memutar fly wheel yang terhubung dengan poros engkol sehingga mesin dapat bergerak (hidup).
Gambar 1. Motor starter pada kendaraan
2. Macam – macam sistem starter
a. Sistem starter mekanik
Sistem ini menggunakan engkol pemutar untuk memutar poros engkol. Ujung engkol pemutar mempunyai nok menggerakkan poros engkol melalui pully yang ujungnya berlubang serong. Orang yang memutar engkol berada pada bagian depan kendaraan. Sistem starter jenis ini biasanya digunakan pada kendaraan roda dua atau sepeda motor, tapi sekarang sudang jarang digunakan lagi atau masih digunakan tetapi hanya sebagai cadangan.
b. Sistem starter dengan motor listrik (elektrik)
Sistem ini menggunakan menggunakan motor listrik untuk menggerakkan poros engkol yang dioperasikan memanfaatkan arus listrik dari battrai. Motor listrik dipasang pada bagian belakang blok silinder. Sistem starter jenis ini dibedakan menjadi 2 tipe yaitu:
1.Motor starter tipe biasa ( konvensional )
Gambar 2. Motor starter tipe biasa ( konvensional )
2.Motor starter tipe reduksi
Motor starter tipe ini biasanya dipergunakan untuk mobil pada daerah dingin, karena dapat menghsilkan momen yang lebih besar. Untuk menstarter engine pada cuaca dingin maka diperlukan tenaga yang lebih besar karena kondisi mesin jauh lebih dingin dibandingkan dengan kondisi normal. Kemampuan membangkitkan momen pada motor starter tipe ini jauh lebih besar dari pada tipe biasa pada ukuran dan berat yang sama. Pada saat sekarang ini mobil-mobil besar cenderung mempergunakan tipe reduksi meskipus dioprasikan didaerah panas.
baca juag komponen komponen motor starter
terimakasih, semoga bermanfaat...
Motor starter tipe ini biasanya dipergunakan untuk mobil pada daerah dingin, karena dapat menghsilkan momen yang lebih besar. Untuk menstarter engine pada cuaca dingin maka diperlukan tenaga yang lebih besar karena kondisi mesin jauh lebih dingin dibandingkan dengan kondisi normal. Kemampuan membangkitkan momen pada motor starter tipe ini jauh lebih besar dari pada tipe biasa pada ukuran dan berat yang sama. Pada saat sekarang ini mobil-mobil besar cenderung mempergunakan tipe reduksi meskipus dioprasikan didaerah panas.
Gambar 3. Motor starter tipe reduksi
baca juag komponen komponen motor starter
terimakasih, semoga bermanfaat...
No comments:
Post a Comment