Rem cakram pada umumnya terdiri atas beberapa komponen, yaitu cakram (disc rotor) yang terbuat dari besi tuang yang berputar dengan roda, bahan gesek (disc pad) yang menjepit dan mencengkeram cakram, serta kaliper rem yang berfungsi untuk menekan dan mendorong bahan gesek schingga diperoleh daya pengereman. Daya pengereman dihasilkan oleh adanya gesekan antara bahan gesek dan cakram.
Rem cakram memerlukan tekanan pengereman yang lebih besar untuk mendapatkan daya pengereman yang efisien dan pad cenderung lebih cepat aus dibandingkan dengan sepatu rem pada rem tromol. Di samping kelemahan tersebut, rem cakram memiliki beberapa kelebihan, di antaranya konstruksi sederhana, penggantian pad mudah, tanpa penyetelan, bidang gesek selalu terkena udara sehingga radiasi panasnya sangat baik, dan water recovery sangat baik karena air akan terlempar keluar dari permukaan cakram dan pad karena adanya gaya sentrifugal.
Menurut mekanisme penggeraknya, rem cakram sepeda motor dibedakan menjadi dua jenis, yaitu rem cakram penggerak mekanik dan rem cakram penggerak hidrolik.
a. Rem Cakram Penggerak Mekanik
Rem cakram penggerak mekanik bekerja menggunakan kabel. Konstruksi sistem rem cakram penggerak mekanik dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 3.3 Rem Cakram Penggerak Mekanik
b. Rem Cakram Penggerak Hidrolik
Pada umumnya, rem cakram penggerak hidrolik banyak digunakan pada sepeda motor. Mekanisme penggerak sistem rem tipe hidrolik memanfaatkan tenaga hidrolik (fluida/cairan) untuk meneruskan tenaga pengereman dari pedal/handel rem ke sepatu rem/pad rem.
Gaya penekanan pada pedal/handel rem akan diubah menjadi tekanan fluida oleh piston master silinder, kemudian diteruskan ke silinder roda/kaliper rem melalui pipa/slang rem untuk menghasilkan gaya pengereman.
Rem penggerak hidrolik mempunyai beberapa keuntungan dibandingkan dengan penggerak mekanik, yaitu:
1) Fluida mempunyai sifat tidak dapat dimampatkan. Pada sistem rem hidrolik, tidak terjadi kerugian gesekan/penurunan tekanan karena sambungan/engsel seperti halnya pada mekanisme penggerak mekanik schingga lebih responsif.
2) Gaya yang diperlukan untuk mengoperasikan rem relatif ringan.
3) Bebas penyetelan.
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
ReplyDeletemampir di website ternama I O N Q Q.ME
paling diminati di Indonesia, ::))
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-Q
~domino99
~poker
~bandar66
~sakong
~aduQ
~capsa susun
~perang baccarat (new game)
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
Whatshapp : +85515373217 :* (f)